Apakah Ikan Red Devil dapat dikonsumsi?

Apakah Ikan Red Devil dapat dikonsumsi?



Ya mungkin itu pertanyaan yang muncul di benak kita. Untuk mengetahui apakah ikan red devil bisa dikonsumsi, sebelumnya marilah kita kenali terlebih dahulu tentang seluk beluk ikan tersebut.

Berdasarkan berbagai sumber, maka dapat ditemukan beberapa penjelasan mengenai ikan red devil atau lohan.

Ikan red devil (Amphilophus labiatus) merupakan ikan air tawar asli Nikaragua. Red devil berwarna merah, sebagai ikan karnivora, ikan ini memangsa serangga, cacing, udang, ikan kecil dan telur ikanIkan ini merupakan ikan teritorial.

Ikan ini merupakan salah satu ikan favorit penghobi karena memiliki warna yang indah, dari warna keperakan hingga warna kemerahan. Ikan yang berasal dari wilayah Amerika Tengah ini telah berhasil dikembang biakan di akuarium lokal, selain karena mudah berkembang biak, Red Devil juga jenis ikan yang gampang beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Ikan ini berasal dari Nikaragua dan Kosta Rika. Wilayah rumah ikan ini termasuk drainase sungai San Juan dan Danau Masaya, danau Apoyo, danau Managua dan danau Nikaragua.

Red Devil termasuk ikan yang agresif dan terkadang bersifat ganas, terutama pada sesama jenis yang berukuran lebih kecil,meskipun demikian, ikan ini termasuk ikan yang merawat anaknya dengan baik, dimana jantan dan betina akan bergantian menjaga dan merawat anak-anaknya hingga dirasa cukup dewasa untuk hidup mandiri. Di habitat aslinya, ikan ini memakan serangga-serangga kecil, larva dan cacing.

Tubuh ikan Red Devil memanjang dan lateral terkompresi cichlid setan Merah bisa tumbuh sampai 30 cm (12 inci) panjangnya dan berakhir di sirip ekor berbentuk kipas. Sirip punggung yang runcing. Sama seperti banyak jenis cichlid lain, Iblis Merah cichlid memiliki dahi cekung dan laki-laki mengembangkan benjolan kranial yang berbeda. Mulut sedikit melemahkan dan bibir yang besar. Mata yang relatif kecil.

Karena termasuk ikan predator dan sifat aslinya agresif, maka keberadaan ikan red devil apabila dibiarkan akan mengancam ekosistem ikan-ikan lokal. Sehingga ikan ini pun dianggap hama oleh petani, karena bisa memakan anakan ikan-ikan lokal yang masih kecil.

Lalu pertanyaannya, apakah ikan red devil boleh atau bisa dikonsumsi? Tentu saja bisa. Kenapa kok terdengar aneh, mungkin hal ini disebabkan oleh image yang melekat pada ikan red devil sebagai ikan hias yang memiliki harga jual yang lumayan tinggi, sehingga tentu sangat disayangkan kalau dikonsumsi.

Namun melihat keberadaannya di habibat liar maupun kolam-kolam petani ikan yang semakin mendominasi ikan-ikan lokal, maka tentu sangat logis kalau ikan red devil juga dimanfaatkan sebagai olahan makanan yang lezat. Terlebih trend penghobi ikan red devil juga tidak seheboh dulu lagi.

Di bawah ini saya bagikan link Resep Ikan Red Devil Goreng yang sangat mudah dan praktis membuatnya, namun tetap lezat. Terimakasih…

https://www.youtube.com/watch?v=KMeW8GxonnI&t=15s


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBANGUN BUDAYA BIROKRASI INDONESIA

TEBAK-TEBAKAN LUCU